Gambar Utama

2 DOSEN PRODI D3 PERPAJAKAN PRESENTASIKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI POLTEK JEMBER

0 Comments 28 view(s)

 

2 Orang dosen prodi d3 perpajakan mempresentasikan hasil laporan Pengabdian Masyarakat pada Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Politeknik Jember pada tanggal 27 Nopember 2018 di Aula Sotrisno Widjaja.

Pengabdian kepada masyarkat yang dilakukan di Banjarmasin ini dilakukan dalam bentuk:

“Pelatihan Penggunaan Aplikasi Perpajakan Berbasis Hp Android di Playstore untuk Perhitungan dan Pelaporan Pajak bagi Ukm yang Terdata Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin” (klik Prosiding)

Kegiatan pengabdian ini sendiri dilaksankan oleh 3 orang dosen yaitu Rini Rahmawati, SE, MM (Ketua), Asrid Juniar, SE, MM (anggota) dan Ali Wardhana, SP, M.Si (Anggota)

Rini memaparkan bahwa pengabdian masyarakat ini dilaksanakan atas beberapa pertimbangan, yang pertama yaitu terkait dengan kegiatan tridharma perguruan tinggi dari setiap dosen sehingga wajib melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Pertimbangan kedua yaitu terkait program studi D3 Perpajakan yang terakreditasi A harus bisa mewujudkan visi, misi tujuan dan sasaran prodi yang salah satunya terkait dengan kegiatan pengabdian masyarakat, sehingga bidang yang dipilih adalah terkait bidang perpajakan.

Pertimbangan ketiga yaitu adanya revolusi industri 4.0 yang merubah semua kegiatan menjadi terintegrasi menjadi era teknologi informasi membuat semua pihak terkait harus mau mengikuti termasuk UKM, dimana UKM adalah suatu usaha yang berukuran kecil/menengah tapi memiliki daya tahan terhadap perubahan ekonomi sehingga selalu menguntungkan dan bisa merupakan salah satu sumber pajak baru bagi negara.

Pertimbangan terakhir yaitu terkait jenis UKM yang dipilih adalah yang termasuk dalam kategori industri kreatif atau pengolahan karena memiliki nilai tambah dibanding UKM yang di sektor perdagangan selain itu juga diharapkan UKM yang termasuk peserta juga mengolah bahan baku dan menghasilkan barang atau memiliki usaha atau lokasi yang terkait dengan lahan basah dengan harapan mendukung visi universitas, sehingga untuk memudahkan kegiatan pengabdian masyarakat maka dipilih UKM yang merupakan mitra binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin, dimana lokasi kantornya juga berdekatan dengan kampus Universitas Lambung Mangkurat di Kayutangi.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan terkait dengan tema hibah penelitian/ pengabdian masyarakat dengan sumber dana PNBP 2018 yaitu terkait E-Learning, maka berdasarkan hasil keputusan dari tim yang dibentuk dipilih pelatihan penggunaan aplikasi perpajakan berbasis android playstore untuk perhitungan dan pelaporan pajak bagi UKM. Pelaksanaan kegiatan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 13-14 September 2018.

Metode yang dipakai adalah ceramah untuk penyampaian materi, praktik dengan menggunakan HP masing-masing dan tanya jawab untuk memperoleh umpan balik dan interaksi dengan peserta. Setelah kegiatan berakhir, berdasarkan hasil FGD tim pengabdian masyarakat maka diperoleh kesimpulan yaitu, beberapa UKM sudah siap dan bisa menggunakan aplikasi yang diberikan serta sudah memiliki NPWP, bahkan beberapa UKM sudah taat dan sudah melaporkan kewajibannya ke kantor pajak. Tetapi ada beberapa UKM juga yang belum memiliki NPWP sehingga tim juga memberikan sosialisasi pentingnya pajak bagi negara dan bangsa. Tim pengabdian masyarakat  juga berusaha membuat buku saku bagi para UKM untuk memudahkan mereka. Pada akhir tahun 2018 dan pertengahan tahun 2019 akan dilaksanakan pemantuan sekaligus untuk pengambilan data guna kegiatan penelitian.

Leave Your Comment