Fasilitas

Untuk melaksanakan proses belajar dan mengajar dengan baik perlu disiapkan sarana dan prasarana yang memadai, artinya ada alat dengan jumlah dan spesifikasi yang cukup, sarana fisik yang memadai, sumberdaya manusia yang menjalankan proses tersebut memenuhi kriteria yang ditetapkan dan juga pengetahuan, ketrampilan serta teknologi yang tepat. Untuk itu beberapa hal yang berhubungan dengan proses belajar mengajar yang sekarang menjadi perhatian Program Diploma III adalah:

Prasarana Fisik yang berupa bangunan, gedung dan ruang-ruang.

Mulai pertengahan tahun 1985, Program Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM telah memiliki dan menempati gedung baru yang representatif di lingkungan kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM yang terdiri dari 2 lantai . Terbagi dalam berbagai ruangan yang secara fungsional diharapkan dapat mendukung kelancaran proses belajar –mengajar dan administrasi perkantoran, yaitu kecukupan ruang-ruang kuliah, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang kantor pelayanan, ruang pimpinan, lembaga kemahasiswaan, koperasi, poliklinik, dan ruang-ruang pendukung lainnya.

Sarana fisik yang berupa komputer dan peralatan lain.

Untuk menunjang proses belajar maka peralatan yang berupa komputer, mesin ketik manual, Compact Disc dan pelaratan elektronika lain sangat penting, untuk itu saat ini telah tersedia unit komputer dan alat-alat lain yang dirasakan cukup jumlahnya, dan akan selalu diusahakan selalu bertambah, baik dalam kuantitas maupun kualitasnya. Hal ini agar dapat selalu sesuai dengan perkembangan teknologi yang sedang berlangsung.

Sarana non fisik.

Sarana utama yang bersifat non fisik terdiri dari berbagai elemen atau unsur, yaitu kurikulum dan silabus, bahan ajar, dan tertib administrasi yang selalu menjadi perhatian program diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM. Kurikulum Program Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM selalu ditinjau secara berkala setiap 4 tahun. Tinjauan terhadap kurikulum ini bertujuan untuk mengevaluasi atas kesesuaiannya dengan kebutuhan masyarakat bisnis yang sedang berkembang, baik yang bersifat lokal, nasional maupun global. Silabus , bahan ajar dan tertib administrasi merupakan unsur yang penting dalam rangka mencapai tujuan pendidikan tinggi profesional yang ada di Program Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM, untuk ini maka usaha-usaha kearah perbaikan yang sifatnya terus-menerus selalu diusahakan oleh program.

Dosen Pengajar.

Dosen-dosen yang mengajar di Program Diploma III FFakultas Ekonomi dan Bisnis ULM terdiri dari orang-orang yang ahli dibidangnya dan memiliki dedikasi tinggi. Mereka adalah para profesional di bidangnya dan merupakan dosen-dosen tetap. Disamping dosen tetap juga dosen-dosen paruh waktu yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM dan Fakultas-Fakultas lain dilingkungan ULM dan Universitas Gadjah Mada serta para praktisi bisnis yang memenuhi persyaratan. Untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan para dosen tetap, maka program diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM mengirimkan para dosennya untuk mengikuti pendidikan lanjutan tingkat S2 dan S3

Metode belajar dan bahan ajar.

Untuk dapat mencapai tujuan seperti yang diharapkan, yaitu lulusan tingkat ahli madia yang profesional, maka dikembangkan metode belajar yang lebih menekankan aspek praktis. Untuk maksud tersebut pola pendidikan yang dikembangkan adalah yang lebih menekankan aspek ketrampilan praktis. Untuk itu metode belajar yang dilakukan lebih banyak mengerjakan latihan-latihan dan kasus-kasus menjadi perhatian utama, dibandingkan dengan pola pendidikan yang lebih banyak menekankan aspek teoritis. Untuk dapat melengkapi matode belajar yang standard maka para dosen pengampu mata kuliah diharapkan dapat menyediakan modul bahan ajar sebagai pendamping utama buku atau literatur wajib yang dipergunakan.

Penggunaan Teknologi Informasi.

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, maka dalam pelaksanaan belajar dan mengajarnya, para dosen pengampu mata kuliah dapat memberikan wawasan dan aplikasi teknologi dalam pelaksanaan kuliah. Hal ini antara lain digunakan peralatan komputer dalam mendukung setiap mata kuliah, pengenalan dan penggunaan internet didunia bisnis atau industri, e-commerce dan media komunikasi lainnya yang dapat dijangkau sesuai dengan kemampuan sumberdaya yang dimiliki.

Magang di lembaga bisnis.

Untuk dapat memberikan wawasan riil kepada para mahasiswa, ketrampilan menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah serta untuk dapat menumbuhkan inspirasi dan sikap bisnis, maka dikembangkan pola kemitraan dengan lembaga bisnis di Kalimantan Selatan sebagai tempat magang mahasiswa.