Sistem & Tata Kelola Organisasi

Sistem dan Struktur Organisasi Diploma III berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM sehingga tata kelolanya berkoordinasi dengan Fakultas. Sesuai dengan Keputusan Mendikbud No. 0176/0/1995 yang kemudian diperbaharui dengan Keputusan Mendiknas No. 203/0/2003 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Lambung Mangkurat, maka Struktur Organisasi Universitas Lambung Mangkurat terdiri atas senat universitas, dewan penyantun, pimpinan universitas (Rektor), unsur pelaksana akademik, unsur pelaksanaan administrasi, unsur penunjang dan unsur unsur lain yang diperlukan. Unsur pelaksana akademik pada tingkat Fakultas adalah Dekan, Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan II dan Pembantu Dekan III, senat Fakultas, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, Tim Kerja, unsur administrasi dan unsur penunjang lainnya

Pelaksanaan sistem tata pamong Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat sesuai dengan statuta Universitas Lambung Mangkurat, dimana Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang diterapkan sebelum tahun 2014 sesuai dengan PP nomor : 60/1999. Pada tanggal 17 Maret 2014 Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Universitas Lambung Mangkurat berubah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2014. Dengan adanya perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Universitas Lambung Mangkurat maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat juga melaksanakan perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) sesuai Surat Keputusan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Nomor : 385/UN8.1.12/OT/2015 tentang Penetapan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat. Kemudian pada 10 Desember 2015 Organisasi dan Tata Kerja Universitas Lambung Mangkurat menyesuaikan dengan perubahan kementerian dengan disahkannya Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor : 42 tahun 2015.

Berdasarkan Peraturan Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor : 42 tahun 2015 Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Universitas Lambung di tingkat universitas dipimpin oleh rektor dibantu oleh wakil rektor, di tingkat fakultas dipimpin oleh dekan dibantu oleh wakil dekan, di tingkat jurusan dipimpin oleh ketua jurusan, di tingkat program studi dipimpin oleh ketua program studi.

Pelaksanaan tata pamong Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Nomor : 385/UN8.1.12/OT/2015 tentang Penetapan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat berada dibawah koordinasi Ketua Program Diploma III. Ketua Program Studi Diploma III ditunjuk oleh Dekan berdasarkan kompetensi, pengalaman dan kepangkatan melalui SK Rektor. Sebelum ditunjuk dan diangkat dosen yang bersangkutan diberi surat kesediaan menjadi ketua program studi. Dosen yang terpilih diusulkan ke rektor untuk dibuatkan SK rektor bersamaan dengan pergantian pengelola Program Diploma III. Masa kepemimpinan Ketua Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat dan pengelola Program Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat adalah 2 (dua) tahun.

Secara kelembagaan, program studi sebagai bagian dari fakultas dan universitas harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh fakultas dan universitas dengan didukung oleh instrumen dan perangkat pendukung lainnya, seperti kode etik untuk dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan sistem penghargaan dan sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi, perpustakaan, laboratorium), juga prosedur proses belajar mengajar. Jika belum di atur, maka diambil kebijakan berdasarkan rapat pengelola program diploma. Begitu juga untuk hal-hal yang perlu di atur secara detail, maka program studi dapat mengaturnya berdasarkan rapat pengelola program diploma.

Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat

Struktur Diploma III FEB 2016Pelaksanaan sistem tata pamong di program studi untuk membangun sistem tata pamong yang kredibel.

Pelaksanaan sistem tata pamong di Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat yang kredibel terlihat dengan adanya kode etik dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan. Dengan adanya kode etik tersebut semua kegiatan civitas akademika di Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat harus sesuai dengan kode etik tersebut dimana pengawasan melekat pada semua lini itu sendiri yaitu diawasi oleh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan dengan unsur pimpinan yang ada di Fakultas. Sehingga tidak ada civitas akademika yang akan melanggar kode etik yang telah ditetapkan tersebut. Selain itu setiap tugas yang dibebankan kepada civitas akademika diberikan berdasarkan kemampuan dan kompetensinya.

Pelaksanaan sistem tata pamong di program studi untuk membangun sistem tata pamong yang transparan.

Penerapan sistem tata pamong yang transparan di Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat terlihat dengan adanya keterbukaan, artinya semua pihak bisa mencari informasi yang diperlukan. Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat telah menerapkan sistem informasi untuk kegiatan akademik yaitu dengan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Universitas Lambung Mangkurat sehingga semua akses terkait akademik bersifat transparan. Selain itu semua informasi dan pengumuman bisa diakses melalui website. Dalam hal penilaian kinerja, penilaian diberikan secara terbuka termasuk hasil evaluasi dosen akan disampaikan pada rapat. Dalam hal pengelolaan keuangan, proses pembuatan anggaran juga melibatkan semua pihak yang ada di program studi.

Pelaksanaan sistem tata pamong di program studi untuk membangun sistem tata pamong yang akuntabel.

Sistem tata pamong yang akuntabel pada Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat terlihat pada setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh civitas akademika baik itu dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan harus bisa dipertanggungjawabkan. Hasil dari setiap kegiatan yang telah dilaksanakan harus dilaporkan sesuai dengan SOP setiap kegiatan. Ukuran setiap kegiatan telah jelas terlihat pada anggaran yang telah disusun sehingga setiap kegiatan akan bisa dipertanggungjawabkan hasil atau outputnya.

Pelaksanaan sistem tata pamong di program studi untuk membangun sistem tata pamong yang bertanggung jawab.

Sistem tata pamong yang bertanggungjawab pada Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat sudah terlihat berdasarkan SOTK program studi yang merupakan turunan dari SOTK Universitas dan SOTK Fakultas. Pada SOTK tersebut uraian tugas, fungsi dan tanggung jawab sudah jelas. Selain itu juga didukung dengan adanya kode etik untuk civitas akademika sebagai kontrol terhadap tanggung jawab masing-masing civitas akademika di Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat.

Sistem tata pamong tersebut diformulasikan dalam bentuk pedoman mutu yang dibuat oleh Fakultas dan Universitas. Disosialisasikan kepada semua civitas akademika dalam rapat dan juga melalui edaran. Pelaksanaan program studi dan proses belajar mengajar, dimonitor dan dievaluasi oleh Unit Penjaminan Mutu Fakultas (UPMF) dan Unit Penjaminan Mutu Program Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat. Tim Unit Penjaminan Mutu terdiri beberapa orang anggota dosen perwakilan semua program studi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat. Selain itu evaluasi juga dilakukan oleh mahasiswa untuk dosen dan tenaga kependidikn melalui kuesioner yang diisi secara online setiap semester, sedangkan evaluasi dosen untuk mehasiswa dengan program SIA untuk mengetahui data akademiknya dan oleh lulusan/alumni dan pengguna lulusan melalui tracer study.